komunitas sb1m

Jenis Lebah Penghasil Madu di Indonesia

Jumat, Juli 14th, 2017 - Keajaiban Lebah

Jenis Lebah Penghasil Madu di Indonesia – Meskipun banyak jenis madu dari berbagai lebah, misalnya Apis indica (lebah lokal, nyiruan, atau tawon madu), Apis dorsata (lebah hutan, odeng atau tawon gung) serta Trigona sp, (gala-gala, teuwel atau klenceng). Lebah-lebah tersebut tergolong rendah produksinya serta sulit menanganinya. Lebah unggul jenis Apis mellifera banyak diternakan di luar negeri dan telah dikembangkan pula di Indonesia yang dikenal sebagai lebah Italia.

Jenis Lebah Penghasil Madu di Indonesia

Di pasaran dalam negeri, jaminan akan keaslian dan mutu madu masih belum ada, sebaliknya kecurigaan akan pemalsuan madu selalu ada. Departemen Perdagangan Republik Indonesia telah mengeluarkan suatu Standar Industri Indonesia (SII 0156-77) mengenai mutu dan cara uji madu.

Standar tersebut pada hakekatnya maih merupakan standar konsensus yang dalam pelaksanaannya masih perlu penggarapan lebih lanjut, terutama konsekuensi terhadap pelanggaran persyaratan mutu. Di samping itu persyaratan mutu masih sangat umum dan diharapkan di kemudian hari lebih diperinci lagi sesuai dengan kemajuan pasaran, produksi dan permintaan.

Usaha-usaha pengembangan peternakan lebah secara sistem modern telah mulai dirintis sejak sebelum kemerdekaan dan mulai digairahkan sudah mulai dapat dilihat diberbagai tempat misalnya di Sumba, Sumbawa, Kalimantan Timur, Riau, Lampung, dan Jawa.

Tetapai sayang bahwa madu-madu tersebut sebagian besar masih belum memenuhi kebutuhan ekspor. Keterampilan beternak madu secara tradisional sudah berabad-abad dimiliki oleh nenek moyang kita dan paling sedikit seusia dengan kebudayaan seni batik di Indonesia, dimana malam (lilin) tawon digunakan untuk proses membatik.

Di bidang perkelebahan di Indonesia, dikenal empat jenis lebah lokal yang dapat menghasilkan madu yaitu :

  1. Apis indica yaitu lebah lokal yang disebut nyiruan (Sunda) atau tawon (Jawa).
  2. Apis dorsata yaitu lebah hutan yang disebut odeng (Sunda) atau tawon gung (Jawa).
  3. Trigona sp yang juga disebut gala-gala, teuwel (Sunda) atau klanceng (Jawa).
  4. Lebah unggul dari Australia yaitu Apis mellifera var Ingustica SPIN. Lebah ini juga disebut lebah Italia.

Dari keempat jenis lebah tersebut, jenis Apis indica dan Apis mellifera lebih umum diternakkan.

Demikian info tentang Jenis Lebah Penghasil Madu di Indonesia semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...