komunitas sb1m

Jenis Madu Berdasarkan Nektar yang Dihisap Lebah

Kamis, Juni 8th, 2017 - Keajaiban Lebah

Jenis Madu Berdasarkan Nektar yang Dihisap Lebah – Madu yang berasal dari nektar yang sama akan menghasilkan madu yang sama. Tetapi sebaliknya jika madu yang berasal dari nektar yang berbeda maka akan menghasilkan madu yang berbeda.

Nektar adalah seyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar necteriffier dalam bunga, bentuknya berupa cairan, berasa manis alami dengan aroma yang lembut. Nektar mengandung air, glukosa, fruktosa, sukrosa, protein, asam amino, karoten, vitamin dan minyak serta mineral esensial.

Jenis madu berdasarkan nektar yang dihisap lebah

Ada beberapa jenis madu yang didasarkan dari sumber nektarnya yaitu sebagai berikut :

1. Madu Campuran

Madu campuran adalah campuran dari dua atau lebih jenis madu yang berbeda dalam hal warna, rasa, dan tempat serta asal bunga. Sebagian besar madu di pasaran berjenis madu campuran. Cina adalah produsen madu terbesar di dunia diikuti oleh Amerika Serikat, Argentina, Turki, Meksiko, Ukraina dan, India.

2. Madu Monofloral

Madu monofloral yaitu madu yang dibuat dari berbagai jenis bunga. Madu monofloral memiliki rasa dan warna berbeda bergantung asal nektar. Pada praktiknya, karena sulit mengambil nektar dari satu jenis bunga saja, lebah juga menambahkan nektar dari jenis bunga lain.

3. Embun Madu (honey dew)

Embun madu tidak di ambil dari nektar bunga, tetapi berasal dari cairan mirip madu berupa sekresi serangga lain atau dari getah tanaman yang dihisap serangga lain. Di Eropa, embun madu cukup populer terutama madu yang berasal dari hutan pinus yang mengandung getah pinus dan digunakan sebagai obat. Negara yang menghasilkan adalah Jerman tepatnya Hutan Hitam karena rasanya penuh aroma, memabukkan, pedas, berwarna merah gelap.

4. Madu multiflora atau Porliflora

Berbeda dengan madu monoflora, madu multiflora merupakan madu yang dihasilkan oleh madu yang menghisap beberapa macam nektar yang berbeda sehingga menghasilkan madu yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Madu jenis multiflora memiliki manfaat yang banyak bagi manusia.

5. Madu ekstraflora

Madu ekstraflora merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah bukan dari bunga. Madu ekstraflora biasanya dihasilkan oleh lebah dari menghisap bagian luar bunga seperti daun, kelopak maupun batang.

6. Madu Organik

Madu organik sangat dikenal, yang ada di Inggris misalnya. Standart madu organik yang ditentukan departemen pertanian meliputi asal lebah, tempat penangkaran lebah, dan bunga-bunga yang dihinggapi lebah harus berasal dari lingkungan pertanian organik.

7. Madu Alfalfa

Madu jenis ini berwarna amber (kekuningan) terang. Madu alfalfa memiliki aroma yang harum dan cita rasa yang lembut. Madu Alfalfa tidak cepat mengkristal. Oleh sebab itu biasanya ia dijual masih dalam bentuk sarang lebah.

8. Madu Eucalyptus

Madu ini memiliki cita rasa yang kuat dan berwarna amber (kuning) muda. Madu jenis ini sangat terkenal karena khasiat yang dimilikinya, khususnya untuk mengobati penyakit dada.

9. Madu Sage

Ini salah satu madu yang pantas disebutkan secara khusus karena terkenal sebagai salah satu jenis madu terbaik yang ada dan berasal dari California.

Demikian info tentangĀ Jenis Madu Berdasarkan Nektar yang Dihisap Lebah semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...