komunitas sb1m

Jenis Madu yang Diedarkan Di Pasaran

Rabu, Juli 26th, 2017 - Keajaiban Lebah

Jenis Madu yang Diedarkan Di pasaran – Di Indonesia, jenis madu yang dipasarkan sering diberi nama menurut asalnya, misalnya madu Sumba, madu Sumbawa, madu Lampung, dan sebagainya. Madu yang diekspor Prancis biasanya madu yang sangat spesial mutunya. Langganan madu Perancis tersebut adalah Jerman Barat dan Swiss yaitu jenis madu calluna.

Jenis Madu yang Diedarkan Di Pasaran

Madu lain yang berbau sangat harum yaitu madu “jura mountain”. Madu ini mempunyai sumber nektar dari jenis tanaman rape, acacia, pine dan fir (jura) dan tanaman yang aromatis seperti lavender, rosemary, thyme, dan calluna. Warna madu tersebut dapat bervariasi dari terang sampai sangat gelap (dark amber) pada madu calluna sampai putih (rape, acacia).

Jenis madu Meksiko mempunyai mutu sangat tinggi dan yang paling dikenal sangat baik adalah jenis madu yukatan. Nama tersebut berasal dari asal madunya yaitu Yukatan Peninsula. Warna madu ini bervariasi dari yang berwarna terang sampai “light amber”. Di Eropa madu Meksiko digunakan sebagai madu meja sedang di Amerika untuk madu industri.

Madu Argentina biasanya berwarna putih, madu tersebut berasal dari nektar alfalfa, white clover dan thestle. Hongaria dan Rumania serta Bulgaria merupakan negara pengekspor utama madu yang terkenal bermutu tinggi, madu tersebut biasanya berasal dari madu bunga acacia. Madu-madu tersebut pasaran baik di Eropa Barat dan Jepang.

Madu dari Spanyol terkenal berwarna oranye menyala di samping jenis madu lain yang memiliki aroma, warna dan citarasa Yang lain (oranye blossom, rosemary dan lavender). Madu jenis ini tinggi harganya dan banyak digemari oleh Masyarakat Eropa, terutama Jerman Barat dan Switzerland.

Jenis madu monflora yang ada di Pasaran pada umumnya jarang yang murni terdiri dari nektar satu jenis tanaman saja. Pada umumnya yang di maksud dengan madu monoflora merupakan madu yang berasal dari nektar beberapa dari jenis tanaman tapi satu di antara nya merupakan satu nektar yang utama, misalnya madu linden. Adanya nektar lain dalam jumlah yang sedikit tidak akan banyak mempengaruhi keharuman dan citarasa utamanya.

Jenis madu juga dapat digolongkan berdasarkan nama tanaman dimana nektar berasal. Jenis madu tersebut sangat banyak dan di bawah ini disampaikan beberapa contoh :

  • Madu Linden (Tilia), adalah salah satu madu dari nektar bunga Tilia yang bermutu sangat tinggi karena citarasa yang baik. Madu ini terkenal bagi masyarakat Eropa. Di samping harum baunya, tranparan berwarna hijau atau kuning muda. Madu linden biasanya mengandung 36.0 persen glukosa dan 39.2 persen levulosa.
  • Madu Heather adalah madu yang berasal dari nektar bunga Calluna vulgaris L. berwarna kuning tua atau merah coklat, berbau enak tetapi terasa sedikit sepat. Madu jenis ini sangat kental tetapi tidak cepat bergranulasi.
  • Madu Lavender adalah madu dari bunga lavender atau lavandula vera DC. Madu ini berharga sangat tinggi karena mutunya yang sangat disukai, warnanya kuning emas dengan bau yang harum.
  • Madu Clover adalah madu dari nektar sweet clover (Melilotus officinales Desr) mempunyai citarasa yang sangat disukai dengan warna pink amber atau putih dengan aroma mendekati aroma vanilla.

Demikian info tentang Jenis Madu yang Diedarkan Di Pasaran semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...