komunitas sb1m

Kandungan Nutrisi Madu Lebah

Rabu, Juni 14th, 2017 - Keajaiban Lebah

Kandungan Nutrisi Madu Lebah – Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi di antara produk ternak lainnya seperti:

  • susu,
  • telur,
  • daging,
  • keju dan mentega sekitar (82,4% lebih tinggi).

Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5.675 liter susu atau 1.680 gram daging.

Kandungan Nutrisi Madu Lebah

Gizi madu hanyalah salah satu dari manfaat madu. Madu akan dapat menjadi sangat berguna sebagai minuman bersama dengan susu untuk mereka yang sudah tidak sehat. Madu sangat mudah dicerna yang membuat orang mernperoleh vitamin dan mineral yang sangat penting selama masa penyembuhan. Nilai untuk masing-masing komponen gizi madu lebih tinggi dibanding hanya sekedar sebagai manfaat kesehatan.

Namun, tidak seperti gula, madu memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan Anda dari dalam dan terus menerus membantu menjaga Anda tetap sehat. Sama seperti warna dan rasa madu yang bergizi dan bervariasi menurut sumber bunga yang diperoleh, demikian juga vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino konten.

Salah satu manfaat mengonsumsi nutrisi madu yang mengandung sejumlah kecil dari berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti : besi, tembaga, mangan, silika, klorin, kalsium, kalium, natrium, fosfor, magnesium dan alumunium. Madu yang warnanya lebih gelap maka semakin kaya akan kandungan zat besi, tembaga dan mangan.

Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon. Madu juga mengandung vitamin, khususnya dari kelompok B kompleks yaitu B1, B2, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan antibiotika.

Dan juga termasuk riboflavin, biotin, asam folat, asam pantotenat, Pyro-doxin dan asam nikotinat. Dan madu juga mengandung gula : glukosa, fruktosa dan sukrosa. Oleh karena itu, sangat cepat diserap oleh aliran stamina.

Bahkan dalam jumlah kecil peningkatan energi karena kandungan kalori yang tinggi, sehingga menjadi obat yang paling efektif untuk kelelahan. Mengembalikan glukosa oksigen yang digantikan oleh asam laktat selama kelelahan. Dan juga menghasilkan rasa hangat.

Meskipun kalori dalam madu memberikan energi, hal itu juga membantu dalam mengontrol berat badan, karena kalori yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan gula. Seperti saripati bunga yang banyak memiliki kandungan sukrosa yang tinggi lebah menggunakan enzim invertase untuk mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

Hal ini akan menurunkan dan menstabilkan pH madu yang membuatnya tahan terhadap fermentasi. Peningkatan keasaman yang kemudian kita nikmati sebagai nilai gizi madu.

Komposisi rata-rata gizi madu adalah sebagai berikut:

  • Kelembaban 17,2%
  • Fruktosa 38,4%
  • Glukosa 30,3%
  • Sukrosa 1,3%
  • Maltosa 7,3%
  • Gula lebih tinggi 1,4%
  • Asam sebagai Gluconic 0.57%
  • Abu 0,169%
  • Nitrogen 0,041%
  • pH 3,91%

Kemudian oleh para peneliti di University of Illinois, dipimpin oleh Nicki J. Engeseth, Ph.D. dan May R. Berenbaum, Ph.D. mempelajari kapasitas antioksidan yang terdapat dalam berbagai varietas madu. Sangat sederhana untuk meletakkan gizi Madu sebagai sumber karbohidrat sederhana.

Komposisi rata-rata adalah 17,1 persen air, karbohidrat total 82,4 persen dan 0,5 persen protein, asam amino, vitamin dan mineral. Rata-rata kandungan karbohidrat terutama fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31 persen). Sisanya 12,9 persen karbohidrat terdiri dari maltosa, sukrosa dan gula lain.

Kombinasi kadar air rendah dan hidrogen peroksida tidak hanya membuat gizi madu resisten terhadap busuk tetapi juga meningkatkan kegunaan untuk manfaat medis madu dan gizi madu. Karena madu yang bergizi di dalam dirinya sendiri itu jauh lebih manis daripada gula halus sehingga apabila kita ingin menggunakannya secara alami maka tidak perlu mengurangi kalori dalam diet kita sehari-hari.

Demikian info tentangĀ Kandungan Nutrisi Madu Lebah semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...