komunitas sb1m

Madu Berdasarkan Jenis Bunga

Selasa, Juni 6th, 2017 - Keajaiban Lebah

Madu Berdasarkan Jenis Bunga – Madu memiliki banyak ragam dan jenis, sesuai dengan bunga yang menjadi sumbernya. Lebah terkadang mengumpulkan cairan bunga dari ribuan kuntum bunga yang jenisnya berbeda-beda.

Madu Berdasarkan Jenis Bunga

Kualitas madu umumnya ditentukan dari asal bunga seperti :

Aneka Bunga hutan (Mix Flower)

Madu yang berasal dari nektar bunga hutan. Madu ini biasanya bermacam-macam jenisnya didasarkan pada tempat asal dari hutan tempat lebah tersebut berada.

Madu Bunga Klengkeng (Euphoria longana sp)

Madu klengkeng adalah madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga kelengkeng yang dihisap oleh lebah madu yang digembalakan di area hutan kelengkeng. Madu bunga kelengkeng atau sonokeling berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urine atau berkemih, memperkuat fungsi ginjal, mengobati sakit pinggang, mempercepat penyembuhan luka operasi, memperlancar fungsi otak, mengobati luka bakar (dioles pada bagian yang luka).

Madu Bunga Durian (Durio sp)

Madu durian adala madu yang dihasilkan oleh lebah ternak yang digembalakan di area hutan atau perkebunan durian dan menghisap nektar bunga pohon durian. Madu bunga durian berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa mual, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak, mengobati luka bakar (dioles pada bagian yang luka).

Madu bunga Kopi (Coffea arabica)

Madu kopi adalah madu yang dihasilkan dari bunga kopi. Madu bunga kopi berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak, mengobati luka bakar (dioles pada bagian yang luka).

Madu Bunga Rambutan (Nephelium lappaceum)

Madu bunga rambutan adalah madu ternak yang dihasilkan dari lebah madu yang digembalakan di area perkebunan rambutan. Madu bunga rambutan berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar urine, memperkuat fungsi ginjal, mengobati sakit pinggang, memperlancar fungsi otak, mengobati sakit maag, mengobati luka bakar (dioles pada bagian yang luka).

Madu bunga Kapuk (Ceiba petandra)

Madu bunga randu atau madu bunga kapuk yaitu madu ternak yang dihasilkan dari lebah madu yang digembalakan di area hutan randu. Madu bunga kapuk randu berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati sariawan, mengobati luka bakar (dioles pada bagian yang luka), memperlancar fungsi otak.

Berdasarkan informasi penelitian madu yang termanis berasal dari nektar bunga Rambutan. Madu yang berasal dari satu jenis bunga saja, atau berasal dari satu jenis bunga yang dominan sebagai sumber madu. Di banyak negara, beberapa jenis madu sering dicampur untuk mengubah kandungan airnya atau untuk mengubah warnanya.

Warna madu berbeda-beda, dari yang kuning jernih sampai yang berwarna kehitam-hitaman. Para ilmuwan tidak tahu persis penyebab perbedaan warna tersebut. Ada yang mengatakan penyebabnya adalah zat warna caroteriodes yang terdapat di dalam tanaman dan ada yang mengatakan adanya asam tanic. Biasanya, warna madu mengikuti tanaman yang menjadi sumbernya.

Demikian info tentangĀ Madu Berdasarkan Jenis Bunga semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...