komunitas sb1m

Manfaat Penggunaan Nutrisi Madu

Jumat, Juni 16th, 2017 - Keajaiban Lebah

Manfaat Penggunaan Nutrisi Madu – Manfaat penggunaan nutrisi madu dalam memasak akan membantu untuk membuat makanan kita sehat dan menjaga kelembaban makanan lebih lama seperti kue dan roti. Nutrisi madu baik sekali bila digunakan sebagai minuman energizing untuk memulai hari dan sebagai pendorong energi cepat.

Manfaat Penggunaan Nutrisi Madu

Karena gizi madu cepat diserap ke dalam aliran darah juga memiliki kemampuan untuk terus perlahan-lahan dan terus-menerus peluncuran manfaat gizi. Sebagai karbohidrat, mempunyai nilai gizi madu untuk persediaan energi pada 64 kalori per sendok makan jadi kita menggunakan lebih sedikit untuk mempermanis makanan dan minuman serta nutrisi madu menyediakan bahan bakar untuk bekerja kepada otot kita.

Sebuah studi di University of Memphis dan Laboratorium Nutrisi Olahraga ditemukan madu menjadi salah satu bentuk gel karbohidrat yang paling efektif yang bisa langsung dimakan sebelum latihan. Menurut Dr Richard Kreider, pemimpin penelitian studi itu, “Madu tampaknya menjadi sumber karbohidrat yang relatif mempunyai efek ringan pada gula darah dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya”.

Selain nutrisi yang terlibat dalam aktivitas metabolik normal, makanan juga mengandung komponen yang dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan. Gizi ini disebut sebagai Nutraceuticals. Phytochemical adalah salah satu kategori Nutraceuticals yang lebih luas yang ditemukan pada tumbuhan yang sedang aktif yang sedang diselidiki oleh para ilmuwan untuk potensi kesehatan mereka.

Gizi Madu memiliki profil fitokimia yang mencakup polyphenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan melaksanakan peran menghilangkan radikal bebas, yang merupakan senyawa reaktif dalam tubuh. Radikal bebas dibuat melalui proses normal metabolisme dan berkontribusi untuk banyak penyakit serius.

Madu berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar. Madu membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia juga membantu pembersihan darah.

Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis. Madu juga membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri ini disebut “efek inhibisi”.

Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka dan seolah mereka tahu kemampuan madu ini.

Selain reputasinya sebagai pemanis alami yang bergizi, penelitian juga menunjukkan bahwa komposisi unik madu membuatnya berguna sebagai agen antimikroba dan antioksidan. Pengolahan madu sering menghilangkan banyak phytonutrisi yang ditemukan dalam madu mentah seperti yang ada di dalam sarang.

Madu mentah misalnya, berisi sejumlah kecil resin yang sama ditemukan dalam propolis, Propolis kadang-kadang disebut “lem lebah”, yang sebenarnya adalah campuran yang kompleks antara resin dan substansi lain yang digunakan lebah madu untuk menutup sarang dan membuatnya aman dari bakteri dan mikro organisme lain.

Lebah madu membuat propolis dengan menggabungkan tanaman resin dengan sekresi mereka sendiri. Namun, zat-zat seperti aspal jalan juga telah ditemukan dalam propolis. Penjaga lebah kadang-kadang menggunakan layar khusus di bagian dalam kotak sarang untuk menjebak propolis, karena lebah akan menyebar zat ini di sekitar sarang lebah dan menutup retakan dengan anti-bakteri, anti virus, dan anti-jamur resin.

Resin ini ditemukan dalam propolis namun hanya mewakili sebagian kecil dari phytonutrisi yang ditemukan dalam propolis dan madu. Phytonutrisi lain yang ditemukan baik dalam madu dan propolis telah terbukti mencegah poses pertumbuhan kanker dan juga sebagai anti-tumor. Bahan ini termasuk metil asam caffeic caffeate, phenylethyl caffeate, dan phenylethyl dimethyl caffeate.

Para peneliti telah menemukan bahwa zat ini mencegah kanker usus besar pada hewan dengan menutup aktivitas dua enzim, phosphatidylinositol fosfolipase spesifik C dan lipoxygenase. Dan ketika madu mentah secara ekstensif diproses dan dipanaskan, manfaat phytonutrisi ini sebagian besar dihilangkan.

Demikian info tentang Manfaat Penggunaan Nutrisi Madu semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...