komunitas sb1m

Proses dan Cara Lebah Membuat Madu

Sabtu, Mei 27th, 2017 - Keajaiban Lebah

Proses dan Cara Lebah Membuat Madu – Seperti setiap produk yang dibuat harus ada bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mereka dan sebuah pabrik atau ruang kerja untuk menghasilkan produk akhir.

Proses dan Cara Lebah Membuat Madu

Lebah madu sangat rajin, bos mereka muncul untuk menjadi ratu lebah madu dan dia melahirkan lebah-lebah yang bertanggung jawab pada jalur produksi. Dia mengirim sebagian besar dari mereka keluar untuk bekerja sementara mereka masih sangat muda dan masing-masing lebah ini disebut lebah pekerja (betina).

Lebah madu cukup mengumpulkan saripati bunga untuk membuat makanan bagi diri mereka sendiri sehingga mereka dapat bertahan keras seperti pada musim dingin. Dengan mengumpulkan saripati bunga cukup bagi lebah untuk membuat madu, lebah madu membantu melestarikan koloni mereka.

Jadi lebah madu yang dikirim untuk mengumpulkan saripati bunga dari tanaman yang berada di mana-mana karena penyerbukan lebah madu sebelumnya. Lebah madu menggunakan lidah berbulu panjang yang juga disebut belalai minum nektar dari tanaman dan menyimpannya dalam “perut madu”.

Setelah perut mereka penuh madu (dan ini hanya setetes penates mata) dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama ketika mereka minum dari ratusan saripati bunga, mereka melanjutkan membuat madu dengan proses konversi dan inversi untuk memecah enzim dalam gula alami.

Ketika lebah madu kembali ke sarang kemudian mereka memulai tahap berikutnya yaitu pembuatan madu. Saripati bunga mereka telah dikumpulkan terdiri dari sekitar 80 persen air dengan gula alami yang kompleks. Jika saripati ini ditinggalkan di sarang mereka, nektar pasti akan mengalami fermentasi.

Jadi, daripada membuang-buang gula, lebah madu akan menyimpannya dalam sebuah wadah yang digunakan secara efisien dengan mengubah gula alam ini untuk membuat madu yang mereka simpan dalam sisir madu. Setelah madu dibuat sampai hanya berisi sekitar 14 hingga 18 persen air.

Hal ini juga dikenal sebagai bahan baku madu. Madu ini juga mengandung potongan-potongan serbuk sari dan propolis yang mereka gunakan untuk menjaga sarang mereka agar tetap bersih dan higienis.

Proses yang sebenarnya mengubah nektar menjadi madu murni dimulai dengan kerja tim. Pada dasarnya ada dua kelompok lebah pekerja yang lebih tua, dan lebah madu yang lebih muda. Lebah pekerja yang lebih tua terbang keluar dari sarang mereka dan mencari bunga yang kaya nektar.

Ketika mereka telah menemukan saripati bunga yang sesuai, mereka mulai menghisap dan minum nektar menggunakan jerami mereka seperti lidah yang cukup panjang dan berbulu. Mereka menyimpan nektar di dalam perut madu (itu perut khusus yang berfungsi sebagai kompartemen penyimpanan untuk mengumpulkan nektar).

Mereka melanjutkan untuk melakukan ini dengan bunga lain yang khusus sampai perut mereka sudah penuh. Di dalam perut khusus, suatu proses yang disebut inversi terjadi. Enzim dalam memecah gula nektar yang kompleks menjadi yang lebih sederhana untuk menghindari kemungkinan tinggi madu mengkristal.

Lebah yang lebih tua kembali ke sarang dan mengeluarkan nektar yang dikumpulkan (dan sudah dimodifikasi). Yang kemudian mereka berikan kepada lebah madu yang lebih muda yang akan menguji dan menyeleksi rasanya yang cocok.

Lebah madu diberi tugas untuk mengumpulkan dan mengubah nektar menjadi madu murni pada Sarang yang lebih muda. Setelah itu, mereka memuntahkan nektar ke dalam sel-sel sarang madu. Begitu mereka telah menempatkan nektar itu pada sel-sel, mereka mulai kipas nektar dengan mengepakkan sayap mereka dengan penuh semangat ke sel.

Lebah madu memiliki empat sayap yang sangat berguna, mengingat jumlah pemukulan dengan sayap mereka yang harus mereka lakukan untuk membuat madu. Proses mengipasi ini dimulai sampai tersisa air yang menguap.

Proses bagaimana lebah membuat madu membutuhkan waktu yang harus dilakukan selama 6 x 24 jam untuk menyelesaikan tindakan ini. Luar biasa! Sangat lelah sekali kalau kita pikir tentang “Bagaimana lebah membuat madu”. Penguapan memungkinkan gula menebal dan kemudian menjadi madu mentah.

Bagaimana lebah membuat madu secara keseluruhan? Petani organik madu sangat berhati-hati dengan lebah madu dan peralatan yang digunakan agar menghasilkan madu organik yang lezat.

Menariknya, salah satu pekerja tunggal lebah madu hanya menghasilkan sekitar 1/12 dari satu sendok teh madu dalam seumur hidup. Dan dibutuhkan ribuan lebah madu pekerja lainnya untuk memproduksi lebih dari 200 kilogram madu. Beberapa contoh madu yang dihasilkan oleh lebah madu:

Demikian info tentang Proses dan Cara Lebah Membuat Madu semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...