komunitas sb1m

Sejarah Madu dari Masa ke Masa

Senin, April 3rd, 2017 - Keajaiban Lebah

Sejarah Madu dari Masa ke Masa – Selama berabad-abad sejarah madu telah dikaitkan dengan cerita rakyat, mitos dan legenda dan diakui sebagai hadiah dari surga. Nektar, Ambrosia dan Makanan para Dewa adalah kata-kata yang sering digunakan di seluruh Dunia Kuno untuk menggambarkan madu.

sejarah madu dari masa ke masa

Mereka percaya pada kekuatan madu yang mereka kembangkan menjadi obat yang sangat mujarab. Ada begitu banyak referensi dibuat untuk cairan emas ini, termasuk dari Cina yang memang merupakan negara produsen madu terbesar di dunia. Ini adalah makanan yang tertua dan sumber obat-obatan kuno yang dikenal manusia yang sangat menakjubkan.

Sejarah madu menjadi komersial selama abad 19. Sejarah tentang madu sangat panjang dan sekaya sejarah lebah madu. Sebagai salah satu bentuk serangga tertua dari Zaman Neolitikum yang masih ada hingga sekarang, lebah madu diyakini telah mendahului manusia di bumi lebih dari 110 juta tahun.

Pada awal zaman prasejarah yaitu pada 7.000 SM menunjukkan bahwa manusia menikmati madu dari sarang lebah, dengan gambar-gambar bahkan orang purba yang menggambarkan dan mempertaruhkan nyawanya melawan lebah madu yang marah untuk melindungi sarang mereka. Karena mereka tahu bahwa madu banyak mengandung manfaat sebagai obat.

Disebutkan dalam teks-teks kuno, seperti Veda India, Taurat Yahudi, Quran, Cina Shi Jing, dan digambarkan dalam hieroglif Mesir kuno tentang madu yang langsung diambil dari sarangnya seperti sekarang. Dari rekaman kuno ini jelas bahwa peradaban di seluruh dunia telah menikmati manfaat dari makan madu sepanjang sejarah. Bahkan, sering disebutkan dalam Alkitab orang Kristen itu disebutkan bahwa ketika Yesus, bangkit dari kubur, Injil Lukas menyatakan bahwa pertama kali yang ia makan adalah ikan kukus dan sarang madu.

Pada masa Julius Caesar bahkan dilaporkan menerima madu sebagai jenis mata uang yang digunakan untuk membayar pajak di tempat emas. Dan pada abad ke-11 warga negara Jerman benar-benar membayar pajak properti mereka dengan madu dan lilin lebah.

Pada abad pertama filsuf Yunani, apoteker, ahli botani dan dokter, Dioscorides, yang menulis salah satu jurnal kedokteran tertua, bahkan yang pernah dikutip bahwa madu adalah sebagai salah satu obat terbesar. Sebagai makanan alami dengan gizi dan nilai obat yang luar biasa. Homer, Aristoteles dan Pythagoras semua ditambahkan ke daftar orang-orang dalam sejarah madu yang percaya bahwa bahan madu menjadi kunci yang baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Sejarah madu sebagai obat-obatan kuno kemudian meluas sampai ke Perang Dunia Kedua ketika madu dipuji secara luas untuk digunakan sebagai perawatan luka yang efektif pada prajurit yang terluka. Sebelum produksi penisilin, sejarah menunjukkan hal itu bahwa madu telah terkenal sebagai obat perawatan antibiotik yang digunakan untuk luka terbuka. Pada hari ini Madu digunakan untuk menyembuhkan tentara yang terluka dalam perang di Irak dan Afghanistan dalam bentuk jamu Meclihoney.

Untuk waktu yang sangat lama, madu itu adalah satu-satunya pemanis yang tersedia secara luas yang digunakan manusia sebelum produksi massal untuk menggantikan gula tebu setelah tahun 1800-an. Sebagai makanan dan sebagai agen obat, sejarah madu sebenarnya lebih tua dari sejarah manusia dan tentu lebih tua dari sejarah kedokteran modern. Dari prasasti dan naskah kuno ditemukan di seluruh dunia, madu muncul sebagai kelezatan dan dipuji sebgai obat yang efektif.

Madu dan lebah madu kini diketahui telah selamat dari Zaman Es, jadi kita harus menyelamatkan lebah madu sebelum semuanya hanya tinggal sejarah saja! Dan tentu saja kita tidak boleh melupakan Albert Einstein yang meskipun tidak terbukti, dikatakan telah menyatakan bahwa jika lebah mati maka kita mati!

Demikian info tentang Sejarah Madu dari Masa ke Masa semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...