komunitas sb1m

Siklus Hidup Kelas Sosial Lebah Madu

Kamis, Mei 25th, 2017 - Keajaiban Lebah

Siklus Hidup Kelas Sosial Lebah Madu, meskipun umumnya pendek tapi dapat penuhi tugas sesuai tujuan dan sangat produktivitas. Tergantung pada status lebah di koloni, mungkin tinggal beberapa minggu atau beberapa tahun. Dalam hal ini, lebah madu mempunyai tugas yang sangat berbeda yang hanya dapat dia laksanakan sepenuhnya oleh insting mereka.

Siklus Hidup Kelas Sosial Lebah Madu

Untuk memahami siklus hidup lebah madu yang lebih baik, yang terbaik adalah menentukan masing-masing jenis madu sesuai dengan status sosial mereka ketika dilahirkan. Lebah madu merupakan serangga sosial, dengan hirarki yang sangat canggih, mereka dilahirkan ke dalam tiga kelas sosial yang berbeda:

  1. Pekerja (perempuan) biasanya berkembang sepenuhnya sekitar dua puluh empat hari.
  2. Dengung (laki-laki) biasanya berkembang menjadi dewasa sekitar dua puluh empat hari.
  3. Ratu (wanita/ibu) merupakan lebah madu yang menjadi dewasa sekitar lima belas hari.

Siklus hidup lebah madu ketiganya sangat berbeda. Sementara lebah pekerja dapat hidup sampai seratus empat puluh hari, tergantung cuaca, seekor dengung pada umumnya memiliki umur lebih pendek dan seekor ratu lebah madu yang jauh lebih besar.

Kebanyakan lebah pekerja menjalani 21 – 24 hari metamorphosis untuk mencapai dewasa. Perubahan ini terjadi dalam empat tahap yang berbeda, yang umum untuk semua lebah madu. Tahapannya adalah sebagai berikut:

Telur adalah sebesar butiran pasir atau koma (,) dan sudah memiliki mulut, dan kira-kira satu milimeter. Tahap larva tercapai setelah tiga hari ketika telur menetas. Pupa tidak aktif dan diberi makan royal jelly selama tiga hari kemudian campuran tepung sari dan madu lagi selama enam hari.

Selama empat belas hari tahap ini tumbuh menjadi lebah, lebah ratu memutuskan jenis lebah dan akhirnya muncul dari dalam sel capped lilin di sekitar hari kedua puluh.

Tahap dewasa dari siklus hidup lebah madu cukup banyak berbeda tergantung pada status mereka. Lahir steril, pekerja perempuan membangun koloni sarang dan kemudian menghabiskan seluruh hidup mereka menjaganya agar tetap bersih, perbaikan ini banyak menggunakan Propolis.

Mereka menjaga suhu sarang agar tetap di sekitar 93 derajat F dengan mengumpulkan air yang mereka deposit di seluruh sarang dan kemudian dengan penuh semangat fan dengan sayap mereka menyebabkannya menguap, dan aman dari penyusup. Ia juga melakukan perawatan bagi kaum lebah muda, para lebah jantan dan ratu lebah madu.

Dalam merawat mereka semua, ia harus mencari makanan untuk nektar dan tepung sari, membuat makanan mereka (termasuk royal jelly) dan membuat lilin yang diperlukan untuk topi sel-sel yang memegang pupa.

Dia melaksanakan tugasnya dengan sangat serius dan umumnya bekerja sendiri sampai kematiannya antara 20 – 40 hari di musim panas atau 140 hari selama bulan-bulan musim dingin. Ia jelas memiliki siklus hidup yang sulit, si lebah yang sangat sibuk!

Dengung, di sisi lain adalah lebah laki-laki yang lahir tanpa alat penyengat dan yang khusus diciptakan untuk membuahi seorang perawan telur ratu. Lebah-lebah jantan lahir dari ratu yang belum dibuahi telur dan dipelihara bersama-sama secara khusus sampai saatnya bagi mereka untuk kawin. Jarang sekali mereka meninggalkan sarang seperti lebah pekerja, mereka diberi makan royal jelly oleh lebah pekerja, makanan yang sama dinikmati oleh ratu.

Sebuah dengung harus kawin dengan seorang perawan ratu pada musim gugur (Autum) atau ia dikeluarkan dari sarang. Namun, ketika dia kawin dengan seorang ratu, ia meninggal segera setelah itu sebagai enclophallus (ini adalah organ reproduksi, penis) robek dari tubuhnya, yang tetap melekat pada ratu yang baru saja dibuahi dan perut lebah jantan terbuka kemudian meledak.

Ratu diperkirakan kawin dengan sekurang-kurangnya tujuh lebah jantan dalam waktu kurang dari lima belas menit dan ia dapat menyimpan sperma mereka selama sisa siklus hidupnya. Tergantung pada ketika seekor lebah jantan mencapai dewasa, dan apakah ia dapat hidup antara 21 dan 32 hari di musim semi, hingga 90 hari di musim panas dan musim dingin.

Ratu dewasa bisa hidup paling panjang dari semua lebah. Dengan siklus kehidupan yang rata-rata satu setengah tahun, beberapa ratu telah hidup sebanyak enam tahun tetapi hal ini biasanya bervariasi antara tiga sampai lima tahun dan seorang peternak lebah lebih suka mengubah ratu setiap tiga tahun.

Setelah mencapai usia dewasa segera ratu membunuh semua telur ratu yang baru menetas dan bahkan, kadang-kadang ibunya sendiri. Setelah hari pertamanya sebagai ratu, ia mulai kawin dan bertelur. Dia terbang ke sebuah situs di mana ribuan lebah jantan akan menunggunya.

Setiap hari setelah itu ia akan berbaring di antara 1.500 dan 2.000 telur selama sisa hidupnya. Ketika produksi telur berhenti atau melambat, lebah pekerja akan memindahkan telur yang paling baru ke sel ratu menunggu dan menunggu kelahiran pengganti-nya di mana kehidupan siklus lebah madu dimulai lagi.

Demikian info tentang Siklus Hidup Kelas Sosial Lebah Madu semoga bermanfaat.

Sumber: Manfaat dan Khasiat Madu, Aden R

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...