komunitas sb1m

Tiga Kasta pada Lebah Penghasil Madu

Minggu, Juli 16th, 2017 - Keajaiban Lebah

Tiga Kasta pada Lebah Penghasil Madu – Semua lebah adalah mahluk sosial yang terdiri dari tiga kasta atau kelas yaitu : kelas pekerja yang mempunyai jenis kelamin betina tidak berkembang biak. Ratu yang juga mempunyai jenis kelamin betina tetapi lebih besar dari pekerja, tugasnya kawin dan bertelur. Kelompok pejantan yang mempunyai bentuk tubuh lebih besar dan pekerja.

Tiga Kasta pada Lebah Penghasil Madu

Lebah pekerja dan ratu mempunyai alat penyengat karena itu dapat menyengat, sedang pejantan tidak dapat menyengat. Baik ratu maupun pekerja dapat bertelur. Ratu mempunyai telur yang dibuahi oleh sperma dan kelak bila menetas semuanya menjadi betina, sedang telur pekerja tidak mengalami pembuahan dan bila menetas akan menjadi lebah jantan.

Sebagian besar dari anggota koloni lebah adalah lebah pekerja (30.000 – 40.000) tugasnya berganti-ganti menurut umurnya, kecuali memberi makan larva di ruang eraman yang terbuat dari lilin, lebah pekerja juga memberi makanan khusus yang disebut sele ratu (royal yelly) kepada larva ratu dalam ruang ratu. Larva-larva ini adalah calon ratu dalam koloninya.

Larva ratu dibesarnya dalam sel yang khusus, yang biasanya lebih besar dari sel biasa dan agak aneh bentuknya, yaitu menyerupai kulit kacang yang kosong.

Larva ratu tidak dilahirkan dari telur khusus sebagai calon telur, tetapi dari telur biasa yang diproduksi oleh ratu sama halnya dengan telur yang akan menjadi lebah pekerja. Halnya mereka mendapat perlakuan khusus, yaitu mendapat makanan spesial yang disebut “royal jelly”, suatu bahan yang diproduksi oleh selapur lendir lebah pekerja.

Biasanya telur menetas dalam waktu tiga hari, dan menjadi larva. Mula-mula larva mendapat menu “royal jelly” pada dua hari pertama, tetapi hanya calon ratu yang diberi terus dengan “royal jelly”.

Larva kemudian menjadi pupa dan pupa ratu dalam waktu 16 hari sudah menjadi dewasa dan ke luar dari sarangnya, sedang larva pekerja setelah 3 minggu baru menjadi dewasa dan larva pejantan lebih lama lagi yaitu beberapa hari setelah lebah pekerja menjadi dewasa.

Setelah ke luar sarang, para calon ratu saling berkelahi hingga tinggal satu saja yang tinggal dan menang. Ratu baru ini kemudian menyerang ratu lama (ibu suri) dan setelah ia terusir ke luar, terbang dengan membawa anggota para pekerja yang biasanya ke luar sarang untuk membentuk koloni baru.

Ratu yang sedang mengungsi biasanya ditangkap orang dan dapat dijualbelikan sebagai lebah bibit kepada peternak lebah lain untuk menambah jumlah koloni yang ada. Biasanya lebah tersebut mempunyai berat sekitar 1 – 2 kg dengan isi 8.000 – 10.000 lebah hidup.

Bila musim bunga tiba, maka suplai nektar menjadi banyak sekali dan lebah baru, berkembang biak dengan cepat sehingga perlu membentuk koloni baru. Koloni baru tersebut selalu berasal dari ratu yang tua yang mengungsi dengan membawa sekitar separuh dari lebah pekerja dengannya. Hal ini diperlukan untuk menyakinkan terjadinya kelangsungan generasi, karena lebah tersebut telah terbukti subur dan mampu membina koloni.

Demikian info tentang Tiga Kasta pada Lebah Penghasil Madu semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...