komunitas sb1m

Warna dan Keasaman Madu

Minggu, Juli 30th, 2017 - Keajaiban Lebah

Warna dan Keasaman Madu – Warna dari madu merupakan salah satu kriteria mutunya. Tergantung dari asal madu, warna madu dapat berkisar dari putih (air) sampai ke coklat gelap, seperti yang tertera di bawah ini.

Warna dan Keasaman Madu

  • Putih transparan “water white
  • Putih ektra “extra white
  • Putih “white
  • Amber muda ektra “extra light amber
  • Amber terang “light amber
  • Amber “amber
  • Gelap “dark

Meskipun demikian, warna madu yang terang lebih banyak disenangi karena lebih banyak menentukan atau menitikberatkan warna sebagai tingkat mutu (grade) madu. Biasanya, warna “extra light” dan “white” memiliki harga yang paling tinggi di pasaran internasional. Dan warna “light amber” sedikit lebih murah, sedang madu yang gelap dari “light amber” harganya sangat rendah dan madu tersebut biasanya digunakan untuk keperluan industri.

Keasaman Madu

Madu dapat digolongkan kedalam kelompok makanan asam, karena pH nya yang cukup rendah, yakni 3.4-6.1. Madu yang kaya mineral akan memiliki nilai pH yang tinggi. Nilai pH yang cukup rendah dari madu ini sebabkan oleh beberapa kandungan asam organik yang terdapat dalam madu.

Asam-asam utama yang berhasil didefinisikan dalam madu antara lain asetat, butirat, format, glukonat, laktat, maleat, oksalat, pyroglutamat, sitrat, suksinat, glikolat, α-ketoglutarat, piruvat, 2/3- fofogliserat, α/β-gliserofosfat dan glukosa-6-fosfat. Asam glukonat adalah asam yang utama dalam madu, dihasilkan oleh dektrosa melalui enzim yang ditemukan dalam madu (glukosa oksidase)

Faktor Lain

Madu impor yang dijual di pasaran terutama jenis madu poliflora, tetapi kini dalam jumlah yang meningkat jenis madu monoflora juga diimpor terutama dari negara Eropa Timur. Madu-madu monoflora biasanya mempunyai harga yang lebih tinggi, asalkan flavor memenuhi selera konsumen. Sedang di pasaran, pada umumnya pada konsumen ingin membeli madu dengan harga yang paling murah karena itu bentuk poliflora atau madu campur (blended honey) lebih memenuhi selera rasa dan saku konsumen.

Pada importir dan industri madu mencari madu yang dapat memenuhi persyarata pemakai. Mereka juga selalu mengamati serta memperhatikan standar perdagangan dan peraturan mengenai madu setempat dari negara dimana madu itu dihasilkan. Bagi setiap importir dan industri madu biasanya mempunyai persyaratan sendiri-sendiri.

Sebelum importir membeli madu, mereka menuntut untuk dikirim contoh atau monster madu dan contoh tersebut biasanya dikirimkan dalam botol dengan berat paling sedikit 50 gram. Bila importir setuju, maka importir membuat pesanan dan bagi eksportir harus memperlihatkan mutu madu yang akan dikirim. Yang lebih pentng bahwa pengiriman terakhir dari madu yang dijual harus sesuai dengan contoh (monster) yang telah disetujui bersama.

Demikian info tentang Warna dan Keasaman Madu semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...